ALHAMDULILLAH, TERIMA kasih detiknews, selasa (11/12/18). Fakta yang luar biasa tersaji dengan sangat indah. Adegan Sandiaga Uno di Pasar kota Pinang, Sumatera Utara begitu luar biasa. Khaidah jurnalistik yang dipakai, sangat baik.

Tak terbayang jika saja detiknews tidak netral, mungkin judul dan isi berita yang ditulis wartawatinya, Marlinda Oktavia Ernawati, bisa lain. Fakta di lapangan ada poster yang isinya meminta Sandiaga Uno, pulang saja.

Bertemu Cawapres RI Sandiaga Uno di Banda Aceh



Jika detiknews tidak netral, maka beritanya berhenti di spanduk itu. Untuk memperkuatnya, maka diwawancarailah Dirjon, sang pemilik lapak yang memang poster itu. Maka, kesan yang terbangun adalah Cawapres 02 itu ditolak. Sampai di situ, tak ada juga yang salah, karena sebagian fakta memang demikian. Ya, sebagian.

Imbang

Tapi detiknews dan wartawatinya tidak melakukan itu. Maka fakta lain juga diturunkan. Maka terjadilah perimbangan.
Bahkan dialog yang menarik antara Sandi, Dirjon, dan istrinya pun dipaparkan sebagai kelengkapan berita.

Dialog yang sangat menarik, satu pihak (sang istri) mengatakan pihaknya dibayar untuk memasang poster, tapi langsung disanggah oleh Dirjon (sang suami).

Pages: 1 2 3Next page


Tulisan opini di media ini boleh dikutip dan dipublikasikan di media lainnya. Terima kasih jika berkenan mencantumkan sumber kutipannya (media Opiniindonesia.com). Untuk pengiriman artikel dan kerjasama, hubungi : redaksi@opiniindonesia.com