by

Jati Diri Membangun Integritas Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Opiniindonesia.com – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Hari ini, Rabu 1 Juli 2020, kita bangsa Indonesia khususnya segenap insan Kepolisian Republik Indonesia, memperingati Hari Bhayangkara, hari bersejarah tepatnya 74 tahun lalu, Presiden Soekarno mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946 untuk menyatukan kepolisian yang semula terpisah (kepolisian daerah) dibawah Kementerian Dalam Negeri saat itu, menjadi satu kesatuan nasional dan bertanggung jawab secara langsung pada pimpinan tertinggi negara, yaitu Presiden.

Saya yakin, setiap anak bangsa yang terpanggil, terpilih menjadi bagian dari Korps Bhayangkara, akan selalu memuliakan, menjalankan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, untuk bangsa, negara dan seluruh rakyat Indonesia.

Dimanapun bertugas, laksanakanlah untuk kebaikan bangsa, negara dan rakyat Indonesia. Teruslah menjadi insan Rastra Sewakotama, abdi utama nusa dan bangsa, pelindung serta pengayom segenap tumpah darah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Pulau Rote.

Syukur Alhamdulillah, sejak awal KPK berdiri dan hingga saat ini, Polri telah menugaskan putera-puteri terbaik, anak bangsa yang memiliki jiwa Tribrata dan Catur Prasetya, untuk bersama-sama berjuang memberantas korupsi yang telah berurat akar dinegeri ini.

KPK tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas dan kewajibnya sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi di Indonesia. Ibarat pepatah menegakkan benang basah, berbicara perihal penegakan hukum khususnya pemberantasan korupsi, KPK tentunya tak dapat berdiri sendiri namun perlu bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum yang lainnya.

Peran serta dan sinergitas seluruh elemen bangsa khususnya lembaga penegak hukum di negeri ini, termasuk dari Korps Bhayangkara, jelas sangat dibutuhkan KPK.

Dalam pertemuan kami, Pimpinan KPK dengan Kapolri, Bapak Jenderal Idham Aziz beberapa waktu lalu, merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018, tentang Syrategi Nasional Pencegahan Korupsi, setidaknya ada tiga fokus issue yang kita sepakati harus dikerjakan bersama.

Fokus pertama adalah tentang bagaimana KPK dan Polri bersinergi dalam tata niaga dan pelayanan publik guna pemberantasan korupsi yang berhasil guna dan berdaya guna, akuntabel, transparan dan tidak timbul korupsi, kedua; tentang pengelolaan keuangan negara, dan yang ketiga, ihwal penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Insya Allah dengan sinergi seluruh elemen bangsa khususnya penegak hukum dinegeri ini, cita-cita bangsa dimana pemerintahan negara indonesia dapat melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, akan terlaksana dan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Kembali ke peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang mengusung tema “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Makin Produktif”, kami, Pimpinan KPK mengapresiasi kebijakan Kapolri terkait perayaan salah satu hari bersejarah bagi Polri ini, dengan berbagai kegiatan sosial serentak diseluruh daerah, yang tentunya sangat bermanfaat dan dirasakan oleh bagi rakyat Indonesia, ditengah kita menghadapi pandemi Covid-19.

Mari, kita jadikan momentum Hari Bhayangkara untuk mematri diri sendiri sebagai penjaga dan pengawal keutuhan NKRI. Bhayangkara menjaga keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi ( salus populi suprema lex ecto). Hari bhayangkara perlu dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi.

Hari Bhayangkara seyogianya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada ibu pertiwi. Semoga semangat Hari Bhayangkara yang memiliki nilai nilai suci penuh arti tanpa korupsi, selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari bhayangkara penyemangat mengabdi tanpa henti untuk NKRI, karena hidup bukanlah siapa yang terbaik tetapi seberapa banyak kebaikan yang bisa kita lakukan.

Terakhir izinkan saya berpantun

Indonesia damai tempat kami berdiri, Bersama mencapai cita dan tujuan kemerdekaan NKRI

Dirgahayu Bhayangkara Polri
Terimakasih atas seluruh pengabdian

Selamat merayakan Hari Bhayangkara ke-74,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Oleh : H. Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi

News Feed