by

Menjadi Profesor yang Diktator, Jual Diktat Beli Motor

Ketika dia pensiun dan sudah tidak menjadi guru besar sebutan itu harus tanggal. Kalau dia tetap mengajar dan menjalankan fungsi guru besar pasca pensiun dia disebut sebagai “profesor emeritus“, guru besar kehormatan.

Jabatan tertinggi akademik adalah doktor yang ditempuh melalui jenjang pendidikan S3, dan gelar itu melekat seumur hidup. Di Eropa dan Amerika gelar doktor disebut sebagai PhD atau philosophy doctor, karena penyandang gelar ini menguasai filsafat ilmu.

Di Indonesia sebutan PhD sekarang malah lebih dikenal untuk antaran makanan pizza. Di kampus luar negeri doktor Indonesia yang bangga menempelkan gelar DR di depan namanya akan kecele karena umumnya dipakai untuk sebutan “dining room”, ruang makan.

Di Indonesia marak gelar doktor honoris causa, HC, gelar doktor kehormatan yang diberikan kepada seseorang tanpa harus susah-susah sekolah.

Gelar doktor kehormatan ini diberikan kepada seseorang karena dianggap punya keahlian selevel doktor, atau punya jasa yang besar di bidang keilmuan tertentu. Tapi praktiknya malah banyak yang jual beli gelar HC, atau gelar kehormatan yang bermotivasi politik.

News Feed