by

Menjadi Profesor yang Diktator, Jual Diktat Beli Motor

Pebalap Valentino Rossi mendapat gelar “The Doctor“, tanpa honoris causa atau humoris causa. Ia menjadi juara dunia total sembilan kali sejak membalap di kelas 125 cc, 250 cc, masing-masing sekali juara dunia, dan akhirnya lima kali juara dunia di kelas MotoGP 500 cc sampai 2009.

Rocky Gerung, Mbah Lasiyo, Arsene Wenger adalah para profesor yang mendapatkan gelar dan pengakuan dari masyarakatnya. Mereka menjadi bagian dari masyarakat dan berjuang bersama masyarakat.

Beda dengan banyak profesor tradisional yang hanya ongkang-ongkang di menara gading sambil menjadi pemburu Scopus, Rocky adalah “Profesor Organik” dalam terminologi Gramsci, atau “Rauzan Fikri”, manusia tercerahkan, dalam istilah Ali Shariati.

Para akademisi, dari dosen sampai guru besar, yang kerjanya cuma mengajar di kampus lalu pulang termasuk kategori “dosen kupu-kupu” alias kuliah-pulang, kuliah pulang.

Ada juga dosen yang kesibukannya cuma kuliah dan rapat setiap hari. Dia masuk kategori “dosen kura-kura”, kuliah-rapat, kuliah rapat.

News Feed