by

Cukong Politik Sangat Berbahaya bagi Keutuhan Negara Kesatuan RI

Opiniindonesia.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan hampir 92 persen calon kepala daerah yang tersebar di seluruh Indonesia dibiayai oleh cukong.

Rata-rata, kata Mahfud, setelah terpilih para calon kepala daerah ini akan memberi timbal balik berupa kebijakan yang menguntungkan para cukong tersebut.

“Di mana-mana, calon-calon itu 92 persen dibiayai oleh cukong dan sesudah terpilih, itu melahirkan korupsi kebijakan”, kata Mahfud saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema Memastikan Pilkada Sehat: Menjauhkan Covid-19 dan Korupsi yang disiarkan melalui kanal Youtube resmi Pusako FH Unand, Demikian yang dapat di cukil dari berita politik pada cnnindonesia.com , Jumat 11/09/20.

Pernyataan ini menjadi banyak tanggapan dari berbagai analis dan tokoh politik. Salah satunya Bung Rocky Gerung yang menyayangkan pernyatan Mahfud MD ini, karna beliau adalah salah satu pejabat pemerintahan yang seharusnya dapat meminimalisir keberadan cukong politik ini dan juga mempertanyakan data yang dimilikinya.

Namun pernyataan Mahfud MD ini sebenarnya tidaklah terlau jauh dari hasil kajian lembaga resmi anti korupsi di Indonesia, yaitu Komisis Pemberantasan Korupsi (KPK).

News Feed