by

Antara Film Jejak Khilafah di Nusantara dan Drama Korea

Opiniindonesia.com – Mewartakan komentar Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara peringatan 100 tahun kedatangan Bangsa Korea di wilayah Indonesia sekarang. Ma’ruf Amin melihat hubungan sosial budaya antara Korea dan Indonesia sekarang ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi generasi Korea.

Menurutnya, budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui K-Pop (musik pop Korea) dan K-Drama (film drama Korea) memiliki potensi meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya RI ‘go international’.

Intinya, beliau sangat mengapresiasi karya Film dan Drama tentang kehidupan bangsa Korea yang diharapkan dapat meng-“inspiring” kreativitas generasi muda Indonesia.

Pertanyaan saya: Lalu, bagaimana dengan jejak Islam di Indonesia? Tidak meng-“inspiring” generasi muda ke masa depankah? Indonesia mau dijadikan apakah? Seperti Koreakah?

Aneh bangsa ini, Film Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) yang jelas menyajikan data sejarah yang berkorelasi dengan perkembangan nasionalisme hingga kemerdekaan Indonesia dipersoalkan.

News Feed