by

Antara Film Jejak Khilafah di Nusantara dan Drama Korea

Sedang Film dan Drama Jejak Korea di Indonesia (100 tahun) yang tidak banyak pengaruhnya dlm pembentukan nasionalisme dan kemerdekaan Indonesia diagung-agungkan. Coba kita berpikir, mana JEJAK yang lebih sesuai dengan sejarah dan masa depan Indonesia?

Ingatlah kata Moshe Dayan ahli stategi militer Israel bermata satu. Kelemahan Islam itu tiga hal, yaitu: (1) Tidak peduli sejarahnya; (2) Spontanitas dan tidak terperinci gerakannya; dan (3) Literasinya rendah, males baca. Kalau baca tidak mengerti. Kalau mengerti tidak paham dan kalaupun paham, mereka tidak berbuat.

Bangsa ini mayoritas berpenduduk muslim. Hampir mendekati 90%. Namun, aneh sekali ketika penduduk terbesar menginginkan agar hukumnya dijadikan dasar berhukum di negerinya, spontan banyak pihak bahkan dari kalangan muslim sendiri buru-buru menolaknya.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Boleh jadi memang mereka belum paham. Banyak orang yang menyatakan bahwa Indonesia itu pluralitasnya tinggi dalam SARA, mana mungkin bisa diterapkan hukum Islam?

Apakah kita tidak pernah belajar sejarah dimana ketika hukum Islam yang nota bene bersumber dari hukum Alloh tidak ada penduduk non muslim yang dianiaya.

News Feed