by

Bukan yang Maha Benar, tapi Maha sok Tahu. Itulah Netizen

Opiniindonesia.com – Saat ditanya, siapa yang paling gampang mengumbar komentar di dunia ini? Sebagian besar jawabnya pasti “netizen”. Netizen itu sebutan untuk orang yang aktif di dunia maya. Netizen, istilahnya “warga internet” atau citizen of the net.

Akibat ponsel ada di genggaman tangannya, netizen begitu mudahnya memainkan jari-jemarinya. Berceloteh, mengoceh, bila perlu menghakimi orang lain. Tentang apa saja, tentang apa pun.

Di kalangan netizen. Ada anekdot yang menyebut “netizen maha benar”. Atau netizen selalu benar. Itu berarti, netizen tidak pernah salah. Anekdot itu pula yang menjadikan netizen merasa boleh mengomentari apapun.

Tiap ada masalah atau info terkini di negeri ini, netizen buru-buru menyerbu. Semua linimasa media sosial, entah instagram, facebook, twitter, dan sejenisnya dibanjiri komentar netizen. Di situlah, kadang netizen itu menyebalkan, bahkan menjengkelkan.

Apakah netizen itu maha benar? Menurut saya, jelas tidak. Malah netizen bisa jadi “biang kerok” kegaduhan. Tahu sedikit tapi komentar banyak. Berlaku sok bijak tapi berharap mencari-cari kesalahan orang. Bersikap seperti benar tapi lupa kesalahannya sendiri.

News Feed