by

Pemuda, Masa Depan, Teknologi, dan Harapan Bangsa

-AL FIRDAUS-146 views

Opiniindonesia.com – Pemuda adalah harapan bangsa. Slogan itu biasa didengungkan oleh bangsa-bangsa besar demi membangkitkan semangat rasa nasionalis kepada rakyat, termasuk pemudanya.

Tanpa anak muda sebuah bangsa akan segera mati muda. Tanpa jejak, tanpa nama, tanpa prestasi. Bahkan tanpa apa-apa yang layak disebutkan untuknya. Hamka pernah berkata dalam bukunya Lembaga Budi.

Seorang ayah akan ada sebutan kebanggannya. Karena adanya seorang anak yang meneruskan cita-citanya. Begitu juga dengan sebuah bangsa. Ia disebutkan dengan apa yang telah torehkan di atas dunia.

Seperti negeri Indonesia sebelum menjadi bangsa Indonesia. Ia telah mengalami masa panjang yang sangat menyesakan dada baik dari zaman kerajaan Majapahit, Sriwijaya, Kolonial pada masa penjajah Belanda, Romusha pada masa penjejahan Jepang, Orde lama, Orde baru, Reformasi sampai pada saat ini. Semua ada proses regenerasi yang melibatkan pemuda, yang berlanjut dan mengambil peran masing-masing.

Jika kita sebagai pemuda dihadapan dengan suasana seperti itu dengan zaman dan keadaan yang berbeda. Apakah kita akan mengambil peran pemuda sebagai harapan bangsa, yang sesuai dengan slogan Bung Karno. “akan aku goncangkan dunia dengan sepuluh pemuda.”

Atau kita jadi generasi yang manja dengan keadaan. Tidak ada semangat hidup jika boleh berkata. Alangkah malunya kita dihadapan para pejuang kita nanti.

Padahal jelas Bung Karno meminta sepuluh pemuda. Yang jadi pertanyaan kita mengapa pemuda? Karena pemuda memiliki segalanya.

Baik dari segi fisik yang kuat, otak yang cerdas, dan semangat yang membara. Itu maka Bung Karno meminta pemuda. Karena pemuda memiliki berbagai elemen kekuatan yang sesungguhnya.

Fisik yang kuat akan membuatnya mampu bertahan dengan segala macam medan yang sulit. Otak yang cerdas mampu membuatnya mencari pegalaman baru dan menciptakan solusi yang baru pula. Dan semangat yang besar.

Inilah yang membuatnya menjadi seorang pemenang. Karena didalam dirinya terdapat semangat yang tidak pernah padam. Ia akan terus melakukan sesuatu sampai pada titik penghabisan.