by

Mudah Dirawat, Ini 7 Ikan Hias yang Cocok Dipelihara untuk Pemula!

-LIFESTYLE-202 views

OPINI INDONESIA – Banyak orang yang memilih memelihara ikan hias sebagai hobinya. Selain karena menyenangkan, ikan hias juga termasuk hobi yang tidak terlalu merepotkan dan memiliki banyak manfaat positif lainnya. Dilansir dari beberapa sumber, manfaat hobi memelihara ikan hias, yaitu dapat membantu menurunkan tingkat stres, menenangkan pikiran, memberi inspirasi, meningkatkan konsentrasi, menyegarkan suasana sekitar, hingga baik untuk perkembangan anak.

Bagi kamu yang masih pemula atau baru ingin mencoba hobi satu ini, akan lebih mudah jika memilih ikan hias yang gampang dipelihara karena punya daya tahan yang kuat dan perawatannya gak macam-macam. Untuk membantu kamu menemukan ikan hias yang mudah dalam perawatannya, simak ulasan di bawah ini yuk!

  1. Ikan Guppy
Sumber: Pinterest.com

Salah satu ikan hias yang minim perawatan adalah ikan Guppy. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil dengan sirip dan ekor yang berwarna-warni sehingga akan membuat tampilan akuarium tampak lebih indah. Bahkan, ikan Guppy bisa berkembang biak dengan mudah jika ia sudah merasa nyaman berada di lingkungannya, lho.

  1. Ikan Molly
Sumber: pinterest.com

Bukan cuma perawatannya saja yang mudah, ikan Molly juga memiliki tampilan yang cantik dengan ukuran kecil, gempal serta warnanya sangat bervariasi. Itulah yang bikin banyak pecinta ikan hias tertarik untuk memeliharanya. Ikan Molly ini juga punya daya tahan yang cukup kuat dan dapat bertahan hidup walau tidak ada alat pompa oksigen yang tersedia. Cocok banget buat dipelihara bagi pemula seperti kamu!

  1. Ikan Manfish
Sumber: pinterest.com

Ikan manfish atau yang bisa disebut angelfish ini dapat jadi pilihan selanjutnya untuk pemula yang baru memulai memelihara ikan hias. Tampilannya yang elegan dengan bentuk pipih dan sirip panjang yang tampak indah ini menarik untuk kamu pilih. Gerakannya yang begitu tenang akan membuat siapa saja jadi merasa rileks saat melihatnya.

  1. Ikan Cupang
Sumber: pinterest.com

Jenis ikan satu ini pastinya sudah tidak asing lagi dong bagi kalian semua? Yup, ikan cupang memang selalu menjadi pilihan banyak orang saat ingin memelihara ikan hias. Perawatannya yang minim, tampilannya yang cantik, harganya yang terjangkau, serta mudah ditemui, membuat ikan cupang makin banyak digemari.

  1. Ikan Swordtail atau Ikan Pedang
Sumber: pinterest.com

Ikan Swordtail ini lebih dikenal dengan nama ikan pedang karena ekornya memiliki kemiripan dengan pedang. Ikan pedang masih termasuk dalam keluarga ikan Molly, mudah dalam perawatan dan sangat kuat. Makanya, ikan satu ini cocok banget dipelihara di rumah. Bentuknya juga tampak unik dan harganya masih terbilang murah.

  1. Ikan Mas Koki
Sumber: pinterest.com

Tak kalah menariknya, ikan mas koki ini juga sering dijadikan pilihan para pecinta ikan hias karena punya bentuk perut yang melembung, unik, dan warna cerah yang banyak dipercaya bisa membawa keberuntungan. Harganya yang terbilang murah juga gak bakal bikin kantong kamu jebol saat ingin membeli sejumlah ekor ikan mas koki untuk meramaikan isi akuarium.

  1. Ikan Lou Han
Sumber: pinterest.com

Ikan Lou Han memiliki keunikan corak dan bentuk kepala menonjol yang menjadi daya tariknya. Sama dengan ikan cupang, ikan Lou Han juga bisa ditemui dengan mudah dan harganya bervariasi. Namun, Lou Han membutuhkan akuarium berukuran besar agar bisa memudahkannya bergerak dengan bebas. Kunci dalam memelihara Lou Han sebenarnya adalah pakan berkualitas, kondisi air harus rutin diperiksa, kebersihan filter akuarium tetap terjaga, dan sesekali sempatkan waktu untuk berinteraksi supaya ikan gak stres dan gampang mati.

Agar kebersihan air di dalam akuarium tetap terjaga dengan baik, kamu bisa menggunakan pasir silika karena dapat memperindah tampilan aquarium. Pasir ini juga bisa menjadi filter akuarium yang mampu membersihkan air akuarium dari kotoran ikan. Dengan begitu, kamu pun dapat merawat ikan hias di akuarium dengan lebih mudah.***

News Feed