by

Pendidikan Bukan Soal Belajar Jarak Jauh Atau Tatap Muka, Tapi Kurikulum

Beberapa masukan penting untuk membenahi kurikulm pendidikan Indonesia hari ini, antara lain:

  1. Pendidikan bukanlah proses untuk membangun intelektual atau kepintaran namun lebih bertumpu pada penguatan karakter dan literat dalam memahami realitas kehidupan.
  2. Orang tua perlu dididik untuk mengubah “cara pandang” tentang Pendidikan anak yang sesuai dengan potensinya, bukan memaksakan kehendak atau mimpi orang tua. Belajar bukan untuk mengejar “nilai tinggi” yang kuantitatif tapi lebih kepada kualitas pengembangan kepribadian anak.
  3. Guru harus memperkuat kompetensi dan kreativitas mengajar agar tidak lagi text book sehingga belajar menjadi kegiatan yang tidak menyenangkan siswa.
  4. Proses pendidikan, apapaun alasannya, harus menarik dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa terbebani saat belajar apalagi malah “ketakutan” sehingga menjadi pintu orang tua untuk ikut campur lebih jauh terjadap proses belajar siswa.

Jadi di masa pandemi Covid-19, tidak perlu memaksa PTM (pembelajaran tatap muka) tapi tetaplah PJJ (pembelajaran jarak jauh) dengan perbaikan di berbagai hal.

Dan yang terpenting, semua pihak berbenah agar belajar bisa lebih menyenangkan siswa. Maka dibutuhkan pembenahan sistem pendidikan dan perubahan cara pandang tentang arti pendidikan itu sendiri.

Karena pendidikan bukan soal PJJ atau PTM. tapi soal kesiapan kurikulum.

Oleh : Syarifudin Yunus, Dosen Unindra dan Pegiat Literasi TBM Lentera Pustaka

News Feed