by

Prabowo Subianto Tetap Masih Punya Peluang Besar di Pilpres 2024

Survei Nasional SMRC tersebut dilakukan melalui wawancara per telepon kepada 1202 responden yang dipilih secara acak (random) pada 23-26 Desember 2020 dengan Margin of error sekitar 2,9%.

Pertama, Setiap lembaga survei jelas memiliki metodologi ilmiah dan cara perhitungannya masing-masing.

Tetapi Pilpres 2024 masih sangat jauh. Survei hanyalah potret saat survei dilakukan. Akurasinya tergantung banyak hal, yaitu: waktu survei tersebut dilakukan, bukan saat survei itu dipublikasikan.

Itu sebab dalam setiap publikasi survei selalu ada ‘magic words’, yaitu “Jika Pilpres dilakukan hari ini…..”. Kemudian juga ada margin error yang menunjukkan persentase plus minus dari hasil survei tersebut.

Artinya, jika Ganjar Pranowo (15,7%) unggul dengan selisih 0,8% dengan Prabowo (14,9%), maka itu bukan berarti Ganjar Pranowo pasti juara ketimbang Prabowo, karena masih dalam ambang kesalahan survei sebesar 2,9%.

Fakta bahwa sosok Prabowo selalu berada di tangga tiga besar popularitas dan elektabilitas dari berbagai survei sejak sepuluh tahun terakhir justru menunjukkan sosok Menhan ini tetap berada di hati masyarakat.

Lain halnya jika nama Prabowo berada di lantai dasar dari hasil survei yang di rilis.

News Feed