by

Meneladani Semangat Kartini di Era Modern Sebagai Perempuan Mandiri dan Tanguh

-NASIONAL-183 views

OPINI INDONESIA – R.A. Kartini merupakan tokoh perempuan pejuang emansipasi, pelopor kebangkitan Perempuan Pribumi Nusantara. Jika melihat latar belakang perjuangan R.A. Kartini, pada masa itu perempuan dilekatkan pada kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan.

Kebodohan selalu melekat akibat dari minimnya akses pendidikan terhadap perempuan Jawa khususnya masyarakat non-priyai. Pada saat itu juga sering terjadi kawin paksa dan poligami. Sehingga perempuan diidentikan sebagai kaum sub-ordinat yang kedudukannya selalu di bawah laki-laki.

Peran perempuan berkutat pada urusan domestik dengan beban kerja yang lebih besar. Pekerjaan domestik yang dilakukan dianggap tidak berharga karena tidak membantu perbaikan ekonomi dalam keluarga.

Dalam perjuangannya R.A. Kartini menekankan pada aspek sosial dan pendidikan. Ia melihat bahwa pendidikan menjadi penting bagi perempuan, sebab pendidikan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan status sosial dan derajat perempuan.

Perempuan yang memiliki wawasan dapat menentukan jalan hidupnya sendiri dan sadar bahwa mereka layak hidup selaras dengan laki-laki.

Upaya yang dilakukan R.A. Kartini pada saat itu adalah menuangkan kritik terhadap Priyai Jawa dan pikirannya dalam bentuk surat. Ia membangun sekolah khusus perempuan di dekat Kantor Kabupaten Rembang.

Kemudian, jika kita lihat pada kondisi saat ini permasalahn yang dihadapi oleh perempuan berkisar pada ranah politik, ekonomi, pendidikan, sosial dan psikologis.

News Feed