by

Meneladani Semangat Kartini di Era Modern Sebagai Perempuan Mandiri dan Tanguh

-NASIONAL-180 views
  1. Sosial Budaya

Ranah sosial yang mencakup kultur budaya, keamanan, akses publik dan sebagainya. Berdasarkan hasil catatan tahunan Komnas Perempuan, Jumlah kasus Kekerasan terhadap Perempuan sepanjang tahun 2020 sebanyak 299.911 kasus.

Kasus yang paling menonjol dalam ranah personal adalah bentuk kekerasan yang paling menonjol adalah kekerasan fisik 2.025 kasus (31%) menempati peringkat pertama disusul kekerasan seksual sebanyak 1.983 kasus (30%), psikis 1.792 (28%), dan ekonomi 680 kasus (10%).

Kemudian, pada ranah publik adalah kekerasan seksual sebesar 962 kasus (55%) yang terdiri dari perkosaan, pencabulan, dan pelecehan seksual. Hingga saat ini, Rancangan Undang-undang PKS yang merupakan payung hukum belum disahkan.

2. Permasalahan dalam politik

Meskipun saat ini pemerintah telah mengupayakan perempuan untuk dapat bersaing dengan laki-laki di bidang politik dengan memberikan kuota legislatif sebanyak 30%, namun pada pelaksanaannya kuota yang terpenuhi tidak pernah sampai 30%. Hal ini disebabkan oleh rekrutmen partai yang belum baik dan budaya partai yang cenderung patriarkis.

3. Ekonomi

Secara ekonomi saat ini peran perempuan telah bergeser dari peran tradisional menjadi modern. Dari hanya memiliki peran tradisional (domestik) kini perempuan juga bisa berperan di luar ranah domestik seperti bekerja di sektor publik. Meskipun perempuan saat ini bisa berkarir, tetapi kebanyakan perempuan seringkali menjalani peran ganda.

News Feed