by

Humor Hoax : Kritik Sosial kepada Penguasa

-D. JUPRIONO-970 views

(5) UMAT MANA YANG PALING DEKAT TUHAN?

Seorang pedanda Ida Bagus Dewamantra, pastor Haryatmoko S.J., dan Gus Mus (Mustofa Bisri) berdebat siapa yang paling dekat Tuhan.

“Jelas umat Hindhu dong. Kami biasa menyapa Tuhan dengan Om. Om swastiatsuOm shanti, shanti Om…,” kata Ida Bagus Dewa.

Pastor Haryatmoko S.J. tidak mau kalah. “Kalau itu alasannya, umat Katolik dong yang lebih dekat. Lihat saja, kami memanggilnya Bapa, … Bapa kami yang ada di surga. Nah…” 

Gus Mus diam, Ida Bagus Dewamantra dan pastor Haryatmoko penasaran. “Kalau Gus Mus, sedekat apa umat Islam dengan Tuhan?”

“Duuh … boro-boro dekat,” jawab Gus Mus, “wong manggil-Nya saja mesti teriak-teriak dari menara, pakai pengeras lagi …!”

Berita hoax ini menyebut nama-nama yang sudah sangat akrab di telinga publik: Ida Bagus Dewamantra, Romo Haryatmoko, dan Gus Mus. Orang tidak bisa memastikan apakah memang benar-benar ini terjadi, ataukah hanya imajinatif cerdas dari penciptanya kali pertama (entah siapa). Lebih penting untuk ditekankan di sini, bahwa humor ini melancarkan kritik keras terhadap kecenderungan umat beragama untuk selalu mengkalim diri sebagai “yang paling dekat dengan Tuhan” sekaligus dengan sendirinya menganggap dungu, salah, sesat, atau bahkan kafir kepada umat lain. Di sinilah letak pentingnya humor-humor agama yang diharapkan bisa membuka simpul-simpul kemanusiaan yang tertutup oleh sekat-sekat sektarianisme antarumat beragama.

News Feed