by

Humor Hoax : Kritik Sosial kepada Penguasa

-D. JUPRIONO-968 views

Fungsi Sosial Humor Berita Hoax

Sampai batas-batas tertentu, jika dilihat dari fungsi sosialnya, pesan-pesan jenaka berita hoax ternyata juga berkemungkinan mengandung setidaknya dua fungsi konstruktif. Pertama, ia dapat menegaskan eksistensi dan identitas suatu kolektif. Kedua, ia juga dapat mengirim pesan-pesan kritik kekuasan dan kontrol sosial-politis kepada kelompok-kelompok dominan-koersif yang sedang berkuasa, baik dalam pangung politik maupun agama.

Fungsi sosial pertama, menegaskan eksistensi dan identitas, sesungguhnya otomatis diemban oleh semua berita hoax. Indikatornya adalah dengan menyebut nama lembaga (bank, ormas agama, nama tokoh), dengan sendirinya eksistensinya masing-masing di sisi satu sedang diakui sekaligus identitasnya dipertegas dengan diperhadapkan kepada lembaga atau tokoh lain. Perhatikan lagi contoh berikut (6):

(6) MAHASISWA UNAIR TEMUKAN VIRUS BARU

Tiga orang mahasiswa Kedokteran Unair berhasil menemukan virus baru melalui risetnya sepanjang 1 tahun belum lama ini. Virus tersebut tidak sangat berbahaya (tidak mematikan) tetapi cukup mengganggu kenyamanan tubuh.

Virus ini biasa menyerang kulit tipis ari, utamanya kulit pantat anak-anak. Jika menyerang, kulit pantat akan terasa gatal, kadang kulit menjadi merah-merah dan sedikit perih.

Virus dimaksud banyak ditemukan di pantai mana pun yang berpasir lembut. Nama virus ini adalah Little Bond Sier. Dibaca: Li-Tel-Bon-Sir … Silite Gatel Kelebon Pasir ….

News Feed