by

Humor Hoax : Kritik Sosial kepada Penguasa

-D. JUPRIONO-966 views

Terlepas dari apakah bener-benar mahasiswa Unair menemukan itu, bukan itu soalnya!  Yang jelas Unair sebagai lembaga telah disebut. Humor ini menegaskan keberadaan (eksistensinya) di antara kampus-kampus PTN/PTS lain di Indonesia. Identitasnya terbangun dengan menyandingkan secara imajinatif dengan kampus-kampus lain (yang tidak tersebutkan).

Fungsi sosial kedua adalah melancarkan kritik sosial. Pada humor berita hoax (1) jelas sekali itu sebuah kritik yang satiris kepada Gubernus DKI Anies sebagai penguasa yang dianggap otoriter. Begitu juga humor (3): kritik sosial ditujukan kepada ormas-ormas Islam (PP Muhammadiyah, PBNU, Persis, Kementerian Agama, dan MUI Pusat) yang hingga sekarang belum dapat menghapus kesan berbeda/berseberangan di mata umatnya. Maka, sebenarnyalah kritik yang disampaikan oleh humor berita hoax ini jelas konstruktif.

Selanjutnya perhatikan, humor berita hoax berikut (7):

(7) AIR KELAPA DAPAT GANTIKAN BENSIN

Seorang siswa SMK Otomotif di Boyolali, yang pernah sukses mendesain mobil Esemka, berhasil menemukan bahan bakar pengganti bensin dengan bahan dasar air kelapa.

Caranyapun relatif mudah:

1. Tuangkan air kelapa ke dalam botol, kemudian diamkan sekitar 2 jam.

2. Masukkan botol kedalam tas kemudian tutup rapat, hindarkan dari sinar matahari

3. Nyalakan mobil/motor anda dan berkendaralah seperti biasa hingga bensin di motor anda habis

News Feed