by

Humor Hoax : Kritik Sosial kepada Penguasa

-D. JUPRIONO-955 views

Baiklah, sudah banyak diskusi soal dampak buruk hoax. Yang belum banyak dibahas adalah sisi jenaka berita hoax atau hoax yang diformat sebagai berita di media sosial. Tulisan ini sengaja membahas komunikasi humor berita hoax di media sosial.  

Diskusi ini akan merujuk pada fungsi komunikasi sosial: komunikasi sosial untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan, terhindari dari tekanan dan ketegangan. Komunikasi sosial akan memupuk relasi dan menghibur orang lain.

Komunikasi sosial terlihat dominan dalam penggunaan media sosial: FB, instagram, WA. Menghibur, menyentuh sense of humor sesama, adalah salah satu tujuan komunikasi sosial.

Meskipun demikian, dalam perspektif teoretis, fungsi humor bukan hanya menghibur dan menyegarkan suasana, melainkan juga menyalurkan perasaan seseorang, sebagai sarana aktualisasi diri, sebagai sarana rekreasi, dan juga untuk menjalin interaksi sosial antarsesama, bahkan sebagai media kritik dan protes sosial.

Komunikasi yang menghibur, komunikasi humor/jenaka (Mulyana, 2010) dapat berada dalam berbagai macam. Berdasarkan bentuknya, komunikasi jenaka dibedakan atas: humor (teks) verbal,  humor visual (gambar), dan humor auditif.

Berdasarkan pokok persoalan (subject matter) yang diangkat, komunikasi humor dapat dibedakan  ke dalam: humor politis, humor seks, humor agama, humor sadis, dan humor teka-teki.

Tiga Tradisi Teori Humor

News Feed