by

Top Score, Anies Makin Banjir Relawan

-TONY ROSYID-210 views

Berdasarkan salah satu survei, mayoritas masyarakat menginginkan pemimpin masa depan itu laki-laki, sipil, kepala daerah, berpengalaman, berprestasi dan non partai. Dan ini ada di dalam diri Anies. Linier dengan hasil survei bahwa Anies Top Score.

Banyak pendukung yang kemudian tidak sabar. Gatel rasanya melihat Anies yang enggan bicara dan merencanakan agenda 2024. Akhirnya sejumlah masyarakat berinisitif sendiri dan membuat kelompok-kelompok relawan.

Di Jakarta, Banten dan Jawa Timur, berdiri Relawan Jarnas (Jaringan Nasional). Di Makassar Sulawesi Selatan ada Kelompok Milenial ABW. Di Solo ada Joglo ABW. Joglo ABW adalah wadah eks pendukung Jokowi yang akan ikut memenangkan Anies di 2024.

Bagaimana dengan presiden Jokowi? Apakah akan support Anies? Kalau pendukungnya sudah dukung Anies, mungkinkah tanpa restu? Presiden Jokowi orang yang sangat rasional dalam kalkulasi politik. Disamping hubungan Anies dan Jokowi memang tidak ada masalah. Artinya, baik-baik saja.

Sepertinya, kelompok-kelompok relawan ini akan terus tumbuh di berbagai daerah. Mirip presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di tahun 2004, dan presiden Jokowi di tahun 2014.

Sebagaimana banyak prediksi, Anies memiliki performence yang potensial untuk menjadi rising star di tahun 2024.

Bagaimana Anies menjaga performence itu, meningkatkan hasil kinerjanya, dan tidak berbuat kesalahan yang fatal ini yang terpenting. Jika tiga hal ini dipenuhi, peluang Anies jadi RI 1 tahun 2024 akan makin lapang.

Oleh : Tony Rosyid, Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa.

News Feed