Menulis Opini

by

Opiniindonesia.com adalah media siber yang memfasilitasi mimbar demokrasi bagi rakyat Indonesia untuk menyampaikan pandangan dan aspirasinya melalui tulisan-tulisan. Baik, mengenai wawasan dan pengetahuan, masalah dan solusi, gagasan dan pengalaman, maupun opini dan kritik.

Ketika menulis, semua penulisnya diwajibkan berpikir mulia, dan memiliki tujuan yang positif, agar tulisan yang dibuat bisa bermanfaat bagi rakyat Indonesia, dan berguna bagi peradaban nusantara yang lebih baik.

Kami menyediakan tempat yang terhormat bagi para pembaca yang hobby menulis, dan ingin menyumbang artikel, dan tulisannya untuk dipublikasikan di media ini.

Daripada tulisan Anda disimpan di komputer (atau di aplikasi note ponsel Anda), lebih baik dipublikasikan di media ini.

Siapa tahu, tulisan (atau pengalaman Anda) itu bisa bermanfaat bagi orang banyak, jika Anda berkenan untuk membagikannya untuk dipublikasikan di media ini.

Tema tulisan, dan artikel bebas saja. Boleh dalam bentuk berita atau wawancara, tutorial, petunjuk praktis, ataupun tips-tips yang bermanfaat.

Tidak ada persyaratan khusus untuk menulis di media ini. Namun demikian, perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini :

Pertama, tulisan tidak mengandung undur SARA, hoax, dan fitnah. Tulisan juga harus menerapkan prinsip-prinsip Kode Etik Jurnalistik Indonesia dan Pedoman Penulisan untuk Media Siber yang bisa diklik linknya.

Kedua, tulisan tidak harus formal. Anda bisa menggunakan gaya penulisan sendiri, dan gaya bahasa yang sesuai dengan tema tulisan Anda.

Ketiga, redaksi media ini berhak untuk mengedit setiap tulisan (jika diperlukan), dengan tetap mencantumkan nama Anda, sebagai penulisnya.

Keempat, kirimkan artikel, atau karya tulis Anda kepada redaksi media ini melalui email : redaksi@opiniindonesia.com, dan redopiniindonesia@gmail.com.

Terima kasih telah berbagi berita, cerita, dan informasi dengan media ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita pembacanya, dan semoga menjadi berkah bagi penulisnya. Amin.

Jakarta, 7 Oktober 2017

(Redaksi Opini Indonesia memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk memberikan kontribusinya, dalam bentuk sumbangan naskah artikel dan tulisan).

BACA JUGA :