OPINIINDONESIA – Di tengah perjalanan kita menuju masa depan yang lebih baik, penting bagi kita sebagai masyarakat, terutama generasi milenial dan Gen Z sebagai pemilih pemula, untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang calon pemimpin kita.

Memahami rekam jejak dan kompetensi sosok calon presiden sangat penting agar kita dapat menghindari kesalahan dalam memilih pemimpin yang akan memimpin negara ini.

Edukasi pemilihan pemimpin adalah salah satu langkah kunci untuk membangun kesadaran politik yang kuat dan mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan akses informasi yang lebih luas, kita memiliki kesempatan untuk menggali lebih dalam tentang calon-calon pemimpin kita.

Mengetahui dengan jelas apa yang menjadi visi dan misi calon presiden, bagaimana rekam jejak mereka dalam memimpin dan mengelola masalah yang kompleks, serta pemahaman tentang nilai-nilai yang mereka pegang, adalah langkah awal yang penting untuk menghindari salah pilih pemimpin.

Milenial dan Gen Z memiliki potensi yang besar untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat.

Dengan memastikan bahwa kita memiliki pengetahuan yang akurat dan pemahaman yang mendalam tentang calon pemimpin, kita dapat mengambil keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab saat memberikan suara kita.

Sebagai generasi yang didorong oleh aspirasi dan nilai-nilai progresif, kita memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Melalui edukasi pemilihan pemimpin, kita dapat memperkuat pemahaman kita tentang politik dan memastikan bahwa suara kita didasarkan pada pengetahuan yang solid.

Jangan biarkan kesalahan dalam memilih pemimpin menjadi penghalang bagi masa depan yang lebih baik.

Mari bersama-sama melibatkan diri dalam edukasi pemilihan pemimpin dan memastikan bahwa kita memberikan suara kita dengan bijaksana. Bersama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik untuk kita semua.


Oleh : Koeshondo W. Widjojo (CEO & Editor In Chief Kawat Berita Indonesia – Telegraf.co.id)